wisata kuliner di singapura

Daftar beberapa tempat makan di Singapura yang patut direkomendasikan :

1. Fongseng nasi lemak & the cheese prata di daerah Clementi, dekat NUS. Buka 24 jam dengan harga sekitar 2 dolar untuk pratanya, nasi lemak sekitar  4-5 dolar sudah lumayan lengkap. Sambal dan saba fish nya enak.

2. Anjappar restaurant di seberang Mustafa Center. Sebenarnya ada satu cabang lagi di tempat lain. Makan berdua dengan menu chicken masala/tandori, dried veggie (bawang bombay balut tepung warna merah) plus nasi dan minuman sekitar 30 dolar.

3. Prata Jln. Kayu di United Square. Harganya berkisar antara 1.5-3 dolar. Ada menu lain seperti briyani, murtabak, roti john, dll.

4. East Coast Seafood Centre. Banyak resto seafood seperti red houselong beachjumbo seafood, dll. Berhubung baru mencoba dua tempat yaitu red house dan jumbo, bisa dikatakan red house lebih sedap. Namun harga termasuk mahal. Tiga menu seperti crayfish, bamboo shell, blackpaper crab, sayuran, nasi dan minuman sekitar 200 dolar. Lebih mantab kalau makannya ditraktir teman atau patungan berramai-ramai. Ada yang bilang kalau no signboard adalah resto seafood paling enak tapi gw belum pernah mencoba.

5. Restoran Indonesia yang rasanya benar-benar mendekati cita rasa Indonesia. Karena banyak menu dengan nama Indonesia tetapi rasanya Melayu sekali atau India sekali. Java kitchen di Vivo City, ada cabang lain di Tj Katong. Ayam Penyet Ria di Lucky Plaza. Harganya sekitar 10 dolar untuk ayam penyet dan minuman. Sanur Restaurant di Causeway Point dan di Ngee Ann City. Harga makanan dan minuman untuk berdua sekitar 80 dolar, namun sambalnya bercita rasa jeruk limau. Jarang-jarang ada sambal limau seperti ini di Singapura. Waroeng penyet dengan harga makanan berkisar 4-5 dolar.

6. Yong Tau Foo, makanan ini mirip dengan bakwan malang. Enam items plus mie skitar 4 dolar. Bagi yang muslim, bisa tetap menikmati makanan ini di banquet (food court berlabel halal) atau bisa ditanyakan dahulu kepada penjaga kedai apakah kuahnya dimasak dengan tulang babi atau tidak.

7. Lau Pa Sat. Banyak kedai seafood, satay dan kedai makanan lengkap berada di kawasan ini. Kedai minumannya pun tak ketinggalan meyajikan teh tarik yang cara penyajiannya cukup unik dan karena kawasan ini dibuka di jalan raya maka memberikan sensasi makan yang berbeda dari tempat lainnya.

8. IKEA Restaurant di Tampines dan Alexandra Road. Poached salmonnya nendang banged plus roasted chicken dan almond cheese cake wajib dicoba. Choco cake-nya yummy. Harganya sekitar 12-17 dolar lengkap dengan minuman serta cake untuk berdua.

9. Nasi lemak Qiji di Bugis Village beserta cabang-cabangnya. Nasinya agak kehijauan tetapi gurih dan wangi. Harganya sekitar 4-5 dolar tergantung lauknya.

10. Newton Food Centre. Tempatnya asyik dan banyak kedai seafood. Kemarin pesan di kedai Modern Bbq di dekat pintu masuk utama, rasanya lumayan enak dan ada label halalnya. Pesan chili crab, dua crayfish, sting ray dan sambal sotong plus nasi dan sayur sekitar 100 dolar. Btw pernah liat Agnes Monica makan di sini..hahaha penting ngga siy?

11. Muthu’s curry di dekat MRT Farrer Park (Race Course Road) berjajar dengan Gayatri Banana Leaf yang cukup terkenal. Gayatri ngga terlalu enak buat gw. Butter chicken-nya asam seperti kebanyakan tomat, masalanya juga kurang sedap, tetapi pelayannya ramah-ramah. Restoran ini sejajar dengan Anjappar dan Apolo Banana Leaf dan resto-resto India lainnya. Pesan butter naan, butter chicken, malai broccoli kebab n lime juice untuk berdua sekitar 30 dolar. Tapi butter chicken dan naan-nya enakkk. Must try!!

12. Bongo Burgers di Jurong Bird Park. Daging bbq-nya wuenak, besar dan mantab. Blenger Burger di Bintaro kalah juara deh. Sambalnya juga sedap. Harganya sekitar 12 dolar dengan minuman dan kentang goreng

13. Seoul garden. Makan sepuasnya dengan menu ayam, daging, seafood dengan cara dibakar atau direbus. Dengan pelengkap seperti salad, bubur, western food, sushi, es krim, kue, puding, buah, dll. Harga sekitar 25 dolar untuk dewasa.

14. Spize Supper Club di Simpang Bedok. Menyajikan makanan India, Asia, Barat. Harga mulai dari 2 dolar sampai belasan dolar. Favorit gw chicken swarma-nya ( a la kebab).

15. Lerk thai. Resto Thailand yang enyakkk. Favorit gw adalah pahd thai-nya dan segala minuman yang tersedia. Ada es serai, es pandan, es herbal bahkan lemon tea-nya rasanya berbeda. Segar banget! Mungkin gula yang dipakai bukan gula pasir biasa, manisnya lembut di lidah.  Phad thai dan es serai menghabiskan sekitar 11 dolar. Resto ini mempunyai beberapa cabang, antara lain di Bugis Village, Singapore Expo dan tempat-tempat lainnya.

16. Mr. Prata di Evans Road, berdekatan dengan Evans Lodge-NUS Bukit Timah. Pratanya sekitar 2,5 – 4 dolar. Banyak pilihan tersedia di sana. Antara lain : prata mushroom cheese, banana, dll. Mie gorengnya lumayan enak dan banyak pilihan minuman seperti berbagai macam juice dan lassi. Buka 24 jam tetapi kalau malam hanya tersedia beberapa menu saja. Rasanya lumayan sedap namun pelayanannya tergolong lambat.

17. Di daerah geylang ada Hjh Maimunah Restaurant yang menyajikan berbagai macam makanan melayu. Harga sekitar 7 dolar untuk makanan dengan dua lauk dan minuman. Ada pula Di Tanjong Katong Cafe Restaurant yang terletak di dalam Tanjong Katong Complex. Claypot rice-nya enak. Harganya 7 dolar (meal set termasuk sup, minum dan buah). Tetapi nasinya panas sekali. Jadi kalau sedang terburu-buru lebih baik jangan pesan menu ini. Tersedia menu lain seperti masakan Cina dan Barat. Harga berkisar 4.5 – 20 dolar.

Sekedar info : kalau makan makanan India sebaiknya pilihlah ruangan ber-ac karena cita rasa makanan yang kuat dan bersantan cepat membuat kenyang dan mblenger (apa ya bahasa Indonesianya mblenger? hehe..)

Kalau anda sedang dan atau berencana ke Singapura, tempat-tempat ini layak dicoba!!

16 thoughts on “wisata kuliner di singapura

  1. wee asyik. ada yang posting tempat2 makan di negeri merlion. makasih infornya.
    eniwei, tinggal di negeri merlion juga?
    salam kenal dari wong yogya di singapura.
    by munggur November 11, 2007 at 7:20 am

    >munggur
    iya..salam kenal jg..wah podo2 jowone ;)
    by tutee November 20, 2007 at 9:03 am

    Wuih, asyik tuh ada info kayak diatas… :)
    Pengen jalan jalan ke Singapura nih, berdua ama anakku yang berumur 8 tahun. Kalau aku beli paket tiket dan hotel aja, jalan jalan di Singapurnya boleh dong diInfo enaknya kemana aja dan pakai transportasi apa aja?
    makasih banyak ya, kalau dibantu..
    by Wita February 27, 2008 at 3:02 pm

    >wita
    di orchard ada visitor centre yg nyediain info n brosur tpt2 yg menarik buat dikunjungi..kalo bawa anak kynya lbh cocok dibawa ke sentosa, singapore zoo, jurong bird park, escape theme park&wild2 wet, botanical garden (ada jacob ballas children’s garden & orchid garden didalamnya), singapore science centre, dll..transportasi lbh enak beli ezlink (kartu buat naik bus n mrt), harganya 15 dolar kalo ngga salah..oya jgn lupa ke merlion, esplanade n singapore river (landmarknya singapura)..smoga membantu :)
    by tutee February 27, 2008 at 3:57 pm

    wahhh.. di s’pore yah???
    wedew,,, keyyen… kapan yah gw bisa ke sana?? nanti kali yah klo menang undian berhadiah :lol: –ngimpi–
    sukses yah mba,,, salam kenal ;)
    by irrrr April 11, 2008 at 9:02 am

    >irrrr
    thx ya..salam kenal jg, ksini ngga harus menang undian kan ya tho..ya tho??..sukses slalu!
    by tutee April 11, 2008 at 9:49 am

  2. ahoyy .. !!
    Thanks buat sharing dan tips2 wisata kulinernya ya .. It’s really really interesting !!!

  3. hi salam kenal…
    mo tanya kalo makan chili crab yg ga mahal2 amat di mana sih…next week aq ma keluarga mo singapore..oya kalo naik mrt di singapore ribet ga seh…tahut nyasar soalnya .hihihi…tq

  4. >nenny
    banyak hawker centre/food court yg menjual seafood..harganya sekitar 20-25 dolar..atau bisa ke newton food centre, food village di east coast park..harga sekitar 20-30 dolar/ekor..

  5. Pingback: Wisata Kuliner Murah di Singapore | Wisata Singapura

  6. duh enak2 nih makanannya…..tp kalo mau brngkat ber-4 kemahalan tuh makanannya….hehhee…bisa inform yg cheap lg…ya kayak kaki 5 nya indo…walau pinggir jalan tp masih sedep gitu lhoh…..thanks atas informasinya yach…ditunggu artikel2 selanjutnya….

  7. hi mau nambahin, kl lewat woodlands, mampir ke causeway point mall yach.. di food court lt 7 ada stall ayam penyet, yg punya brand dl pemilik ayam penyet ria :)

    soal rasa dan harga dijamin PUAS

    thanks.

  8. Salam kenal….

    Semoga Anda sehat, bahagia bersama keluarga dan sehat selalu.

    Kami ingin berbagi dan siap membantu kepada kawan di Indonesia yang ingin jalan-jalan dan studi banding (study tour) ke Singapore. Baik dengan dana terbatas maupun yang tidak terbatas. Silakan kunjungi kami di http://www.wisataasia.com.

    Semoga bermanfaat. Makasih mbak Tutee (inget Toeti Aditama nih….)

  9. BAGI anda yang ingin berwisata ke singapura dengan murah dan dapat album foto gratis setelah mengikuti tour kami yaitu siptour .

    kunjungi website kami untuk info lebih lanjut.

    Trim’s

  10. Dear tutee.wordpress.com

    Selamat Siang,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda dan bisa digunakan secara gratis. Jika Anda berminat silahkan kunjungi Merdeka.com.
    Sebagai contoh, pilihan content Kuliner sudah ada di Merdeka.com

    Terima kasih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s