singapur..oohh singapur

ngga terasa sudah tujuh bulan tinggal di negara kecil yang bernama singapura ini.banyak suka n duka slama numpang tinggal sbg foreigner.
smua orang yg pernah singgal ksini pastilah banyak memuji singapura sebagai negara yang bersih..tertib..teratur..multikultur..maju..
dan itu memang benar adanya.di negara sekecil ini,tata kotanya pantas diacungi jempol.meski banyak bangunan tinggi,namun lahan hijau pun tak kalah banyak sehingga udara tak berpolusi dan nyaman menghirup napas dalam-dalam tanpa mesti takut terhirup timbal dan logam berat lain seperti di jakarta.birokrasi dsini pun transparan dan tak bertele2.
tapi bukan itu yang ingin gw ceritakan saat ini..
banyak hal buruk juga yg bersliweran di sini..antara lain :

KIASU..asli budaya singaporean yang satu ini bener2 sering membuat gw menghela napas,menahan kentut..kiasu alias ngga mo kalah dalam setiap hal,bener2 mencerminkan perilaku ‘kampung’ di negara yang notabene well developed ini.contoh kiasu antara lain kalo ngantri makanan,ngantri belanja..meski antri tetep aje ngga mo kalah dulu2an ngantrinya…juga kalo rebutan naik bus..mrt..;singaporean juga paling ngga tahan sama yg namanya barang gratisan.asal ada kata2 free pasti mereka lsg berduyun-duyun..berbondong2 mengantri..meski untuk barang2 yg ngga jelas.yang penting gratis..itu motto mereka.

IGNORANCE..pngalaman pribadi gw sbg mantan ibu hamil,setiap naik bis pasti yg ngasi tempat duduk gw mostly perempuan.kmana para laki2?mereka sibuk melihat jendela,pura2 baca koran,pura2 tidur..(ini yg plg sering),n ngga peduli.bukan hanya ibu hamil..untuk senior citizen alias manula jg sering mendapat perlakuan yg sama.

SENIOR CITIZEN=tukang bersih-bersih food court
yup..kalo diperhatikan,semua tukang pembersih food court rata2 para oma opa berusia lanjut.entah sengaja ato tidak,rasanya pekerjaan ini memang dikhususkan untuk mereka.bginilah hidup hari tua di singapura.uang tak cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka.harus membayar uang sewa hdb,mesti membayar biaya kesehatan mereka..uang..uang..dan uang..

DEMOKRASI=nonsense
ngga ada kebebasan pers apalagi demokrasi.diantara 3 partai yg berkuasa,PAP selalu menang mutlak.berita selalu timpang,untuk berita regional pastinya selalu yg bagus-bagus,sedang berita luar negeri isinya pasti yg jelek2..entah itu kriminal,terorisme,bencana alam,korupsi,dll..

RESERVED=a pack of tissue,what the h*** is that????
beneran..kalo liat meja segede bagong dg deretan kursi kosong di food court/hawker center dan sebungkus tissue kumel ditengah-tengah,itu artinya meja itu udah dipesen.bener2 ngga banget deh..

FAQ=are u chinese? are u malay? are u filipino?..
buat gw ini adalah pertanyaan yg sangat-sangat-sangat-menyebalkan dan mengganggu.karena pertanyaan ini selalu dan sangat-sangat-sangat sering ditanyakan ke gw oleh orang yg ngga gw kenal..mungkin maksudnya mo beramah tamah tp buat gw, pertanyaan ky gini ngga etis dan ga perlu.biasanya gw jawab dg ..’no i’m indonesian‘..(dengan nada sopan)..but sometimes i just wanna answer with..”that’s none of your business’..ato..’no..i’m just human being like others’..ato..’why??does it matter to you??’..ato..argghhhhhh…shut up!!!!..gw ngga ngerti knp di sini, ras itu penting bgt?..mungkin krn negara ini memang rasialis..don’t you think?..btw knp ngga ada yg nanya ‘are you caucasian???..secara gw blasteran kuda ostrali n ulet keket ;P…

jadi kalo gw ditanya knp ngga pindah jadi pi-ar?jawabannya sederhana..
satu..ngga mau anak gw ikut wajib militer..(wasting time)
dua..ngga attach sama singapura
tapi kalo cari duit ya dsini aja hehe..

2 thoughts on “singapur..oohh singapur

  1. ji..
    gw jg takjub sama “senior citizen” yg masih kerja..malah kmrn itu gw liat di Takashimaya, opa2 jd security!Gosh!pas gw nanya toilet, dia tunjuk telinganya sambil bilang “cannot hear..” Ha?sumpee..takjub…
    gimana mo kerja jd security klo gak dgr?waduuhh..
    kata kakek suami gw, yg rada lama jd wn sono..ternyata pemerintah menggaji separo dari gaji manula itu asalkan si perusahaan mau mempekerjakan mrk!ya maulah ya…byr murah gt..
    yg ini gw rada gak ngerti tujuan si goverment..mgkn spy produktif aja smua wn nya yg emang cuma dikit..maybe..hihihi

  2. hmm..bukan bermaksud rasialis tp manula yg kerja itu mostly chinese..gw ngga ngerti alasannya..mungkin krn anak2nya ngga sanggup wat mengasuh orang tuanya yg sudah sepuh itu..entah karena uang ato memang krn budayanya bgitu..sbab bnyk jg keluarga yg bkn chinese yg ngga mampu tp masih mau menampung ortunya n ngga kerja jd tukang bersih2 bgitu..n maap2 kalo ada yg tersinggung..tp suer gw ngga tau dan ksian aja ngliatnya..ironis bgt..

Leave a Reply

