review film : Ghosts

baru aja lihat film ini..bagus banget!!!!..kmarin pinjem bareng paris, je t’aime..pertama kali lihat judulnya kirain ttg hantu gentayangan di morecambe bay..tapi ternyata ghosts ini adalah panggilan yg diberikan oleh para imigran ilegal dari cina kepada orang-orang kulit putih (dl hal ini orang inggris). karena pemainnya adalah para imigran ilegal yg pernah bekerja di inggris, maka akting mereka benar2 natural..semua penyabet oscar beuh kalah jauh deh.

pendapatan sebulan para penduduk di fujian cina sekitar $30..banyak dari mereka nekat mengadu nasib menjadi imigran ilegal di inggris. mereka menempuh jalan darat mulai dari bis sampai berjalan kaki di tengah2 pegunungan berkabut di moskow..mereka mesti rela ditaruh dalam peti kontainer dan di muat ke dalam kotak kayu di kapal barang…perjalanan yg dihabiskan dari cina menuju london memakan waktu 6 bulan perjalanan. coba bayangkan!!..dan semua imigran itu tak akan pernah bertemu keluarganya kembali karena mereka harus membayar uang yg mereka pernah pinjam dari lintah darat. mereka bekerja serabutan dg jam kerja yg kadang dari pagi sampai larut malam dg bayaran sekitar 100 pounds seminggu. belum termasuk utk makan dan uang sewa penginapan. dalam film ini, ketika pekerja ilegal ini mencari kerang di morecambe bay saat cuaca buruk, 23 orang imigran hilang ditelan ombak..keluarga mereka di cina masih harus membayar uang kepada lintah darat sampai saat ini..pemerintah inggris tidak mau memberikan bantuan keuangan kepada mereka.

pesan moral buat gw : bersyukur dan berhenti mengeluh!..hidup gw ngga ada apa-apanya dibandingkan mereka. kebayang mereka mesti ninggalin semua orang yg mereka sayang..anak..suami..orang tua..sodara..demi mencari uang yg ngga seberapa dg usaha yg bener2 memeras keringat, banting tulang..direndahkan & dianggap ngga berharga..dan ngga akan pernah bisa bertemu keluarga mereka selamanya…iya..selamanya. kebayang kerasnya hidup yg mesti mereka lalui (termasuk jg korban human trafficking)..berattttt banget, gw ngga sanggup kynya kalo ada pd posisi mereka.

film ini ada pd daftar wajib tonton!..ah ya film ini jg termasuk film yg bikin mewek. bagi anda2 pemuja semua yg berbau inggris..well, film ini membeberkan sisi negatif dari orang2 di sana. jd pgn nonton film karya2nya nick broomfield yg lain.

One thought on “review film : Ghosts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s