review film : I Am Slave

I Am Slave adalah film yang mengisahkan kehidupan nyata Mende Nazer. Dalam film ini Mende, ditokohkan sebagai Malia An-Nur, seorang putri keturunan raja dari sebuah suku di Sudan. Ayahnya Beh An-Nur adalah jago gulat. Pada suatu malam, kampungnya diserbu oleh kaum militan yang pro-Arab. Malia kecil terpisah dari keluarganya dan dijadikan budak pada sebuah keluarga Arab yang kaya di Khartoum. Perlakuan yang tidak manusiawi sering dialami oleh Malia sampai ia dewasa. Suatu hari ketika ia tidak sengaja melihat ayahnya bekerja sebagai petugas kebersihan di Khartoum dan berusaha untuk berlari ke arahnya, majikannya menyuruh petugas untuk menangkap Malia sehingga ia kehilangan kesempatan untuk kembali berkumpul dengan keluarganya.

Ia kemudian dikirim ke London untuk menjadi budak bagi sepupu majikannya. Malia dilarang untuk berkomunikasi dengan orang lain selain majikan wanita dan dua orang anak lelakinya. Keinginannya untuk melarikan diri begitu besar. Ia berteman dengan supir sang majikan namun tak cukup daya untuk menolongnya pergi. Suatu hari, ia memanggil seseorang pejalan kaki yang kebetulan lewat di depan rumahnya dan lelaki inilah yang menolong Malia melarikan diri dan akhirnya berhasil membawanya berkumpul kembali dengan ayah dan ibunya.

5.000 orang diperkirakan bekerja sebagai budak di Inggris dan 20.000 orang dipaksa bekerja sebagai budak di Sudan. Fim ini mempunyai jalan cerita yang hampir mirip dengan film Ghosts. Lokasinya pun lagi-lagi di Inggris. Melihat film ini, sungguh kemerdekaan itu sangat mahal harganya. Harga yang rasanya tak pernah saya pikirkan sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s