uniknya prasekolah di jepang

Uniknya pendidikan prasekolah di Jepang, antara lain :

  • Beragam tas yang harus disiapkan. Sebelum sekolah dimulai, pihak sekolah meminta ibu untuk menyiapkan berbagai macam tas dengan ukuran yang telah ditentukan seperti tas sekolah, tas untuk selimut, tas untuk peralatan makan, tas peralatan tulis menulis dan prakarya, tas untuk pakaian ganti, tas untuk pakaian yang telah dipakai, tas untuk peralatan dalam keadaan darurat, dan tas untuk sepatu. Masing-masing tas mempunyai ukuran yang spesifik, seperti tas untuk gunting harus berukuran 9 x 18 cm. Beberapa tas harus cukup untuk dimasukan ke dalam tas lainnya. Beberapa tas bisa didapatkan di toko tetapi beberapa harus dibuat sendiri. Makin lama, anak-anak makin mahir untuk menaruh barang-barangnya di tempat yang telah ditentukan.
  • Saat mengantarkan ataupun menjemput anak, orang tua tidak membantu membawakan tas sekolah anak. Bahkan meski anak kadang harus membawa dua atau tiga macam tas sekaligus. Ini melatih mereka untuk bertanggung jawab atas miliknya sendiri.
  • Anak-anak berganti pakaian beberapa kali, misalkan saat bermain di dalam kelas, mereka harus mengganti sepatunya dengan sepatu khusus di dalam ruangan. Jika ingin bermain di luar atau saat berolahraga makamereka harus berganti pakaian dan berganti sepatu kembali. Hal ini melatih kemandirian mereka.
  • Memakai rok atau celana pendek pada saat musim dingin. Mereka tidak merasa khawatir bahwa anak-anak dapat terserang penyakit karena hal ini adalah hal yang biasa. Kondisi anak-anak yang aktif bisa membuat daya tahan mereka lebih kuat terhadap cuaca dingin.
  • Bayi-bayi diikutsertakan dalam perlombaan sejak dini. Mereka berpartisipasi dalam pertunjukan atau aktivitas yang cukup besar.
  • Anak perempuan bermain sepak bola. Di tahun kedua, mereka mulai belajar melompat. Di tahun ketiga, mereka akan mengikuti perlombaan sepak bola. Bahkan kadang berlomba dengan anak-anak perempuan dari sekolah lain.
  • Pendidikan dengan melibatkan anak-anak yang lebih senior. Saat masuk ke kelas, anak-anak yang lebih senior menggandeng tangan anak yang junior, dan mereka bertugas untuk ‘mengasuh’ adik kelas mereka. Hal ini membuat mereka merasa bahwa mereka adalah saudara sekandung bukan teman biasa.
  • Di sekolah, mereka hanya diajarkan senyum dan mengucapkan terima kasih. Mereka tidak diajarkan membaca, menulis dan berhitung. Mereka tidak memiliki buku sekolah, hanya buku untuk menggambar saja. Tujuan mereka adalah untuk membentuk anak-anak yang selalu tersenyum atau gembira dan santun. Di Jepang, tidak peduli siapa orangnya, dengan siapa dia berbicara, mereka harus selalu ramah dan tersenyum. Gadis yang cantik adalah gadis yang sering tersenyum.
  • Beragam aktivitas yang didapat di sekolah. Mereka belajar dari alam dan lingkungan sekitarnya. Pergi ke gunung, danau, kuil dan sebagainya. Melihat festival, mengadakan pertunjukan dan lain sebagainya.
  • Perayaan tradisional Jepang seperti Hari Anak Perempuan, Hari Anak Laki-laki, dan lain-lain.
  • Kemampuan guru di Jepang sangat baik. Satu kelas biasanya berisi sepuluh sampai tiga puluh anak, dan hanya memiliki satu atau dua orang guru saja. Namun guru mampu untuk mengatur berbagai macam kegiatan seperti kelas seni dan keterampilan, kelas musik, saat ulang tahun, perlombaan olahraga, dan lain-lain dengan teratur dan terencana.

dari semua hal di atas, yg paling memberatkan buat gw adalah memakai baju biasa meski di musim dingin!..bayangkan gw pakai jaket tebal buat musim dingin sedang ezra n anak2 lainnya hanya pakai kaus lengan panjang yg didobel dg baju sekolahnya yg berbahan katun..fiuhh..jadi ngga heran kalau yg namanya sakit batuk-pilek menjadi penyakit langganan sepanjang tahun. orang tua di jepang memang dengan sengaja mengirimkan anaknya bersekolah supaya menjadi sakit karena percaya anak-anak kuat terhadap penyakit dan membangun antibodinya secara alami. *geleng-geleng*

ps. tulisan ini gw sadur dari blog seorang gaijin mama yang mana gw lupa asal sumbernya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s