jangan panggil aku BULE

Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari komen di facebook. Suatu saat teman gw, mengunduh foto ketika ia liburan di Bali. Gw iseng berkomentar di salah satu fotonya tentang makanan. Ia menanyakan apakah ada resto Indonesia di Jepang. Tapi alih-alih menggunakan kata Indonesia, ia menggunakan kata Indon. Gw bilang, tolong jangan menggunakan kata Indon. Lebih baik gunakan kata Indo/Indonesian. Dia bertanya alasannya, dan artikel ini dapat menjelaskan lebih tepat mengapa kita enggan dipanggil dengan sebutan orang Indon.

Ketika browsing tentang alasan-alasan tersebut, tidak sengaja gw menemukan website ekspat di indonesia yang salah satu isinya mengenai keluhan mereka yang berkulit putih yang terbiasa disebut BULE. Mereka berargumen bahwa di negaranya, mereka adalah mayoritas. Jadi tidak adil dan terkesan menghina jika ia disebut dengan sebutan bule.

Empati, kata ini sering didengar namun asing. Manusia terbiasa men-stereotype-kan manusia lain yang berbeda asal. Gw pun sadar atau tidak, kadang melakukan hal ini. Tidak semua orang mempunyai rasa empati yang tinggi. Banyak mungkin yang tidak peduli. Andai gw ngga merasa terganggu dengan sebutan Indon, maka gw ngga akan pernah menyadari bahwa penyebutan bule pun ternyata bisa menggangu dan bahkan dianggap menghina.

Dalam Islam diajarkan bahwa jika memanggil seseorang, panggilah dengan panggilan yang disukainya. Jika kata-kata BULE itu mengganggu, maka sebaiknya sejak saat ini, kita berhenti atau menahan diri untuk menggunakan kata-kata tersebut. Belajar berempati.  Karena toh, kita berada di perahu yang sama. Jika gw terganggu dengan Indon, maka gw berusaha untuk tidak mengganggu dengan sebutan bule. Sesederhana itu.

ps. juga untuk mereka yang sering menggunakan kata-kata autis ketika menggambarkan keadaan sedang main hp, sedang asik sendiri. Belajarlah berempati kepada orang tua penderita atau bahkan penderita autis itu sendiri. Keterbatasan mereka bukanlah bahan olok-olok.

Leave a Reply

