Nonton film di Jepang

Selama di Jepang, seinget gw baru satu kali nonton film di bioskop. Nonton Avatar 3D bareng keluarga. Pernah juga pergi nonton bareng temen, rencananya nonton Eat, Pray,Love. Tapi karena ngga booking dulu, kehabisan tiket jadinya.

Sebagai pencinta film dan bioskop, jarang nonton ini bener-bener bikin gemes. Gimana ngga? Di Jepang, film-film berbahasa Inggris dikelompokan ke dalam dua golongan. Golongan yang pertama, film tidak dilakukan proses dubbing. Sedang golongan kedua, harus didubbing ke dalam bahasa Jepang. Nah, proses mendubbing ini butuh waktu lama. Setelah proses dubbing dan editing selesai, barulah film-film tersebut dirilis bersama-sama. Lamanya bisa sampai enam bulan. Bayangkan, di sini Twilight Saga Part 1, Sherlock Holmes baru diputar. Bah!

Selain lama, yang bikin gw jarang nonton adalah harga tiket yang kurang bersahabat. Bayangkan, harga tiket 1,800 yen atau sekitar 180,000 rupiah. Ada diskon buat emak-emak tiap hari Rabu, tapi tetep aja mahal buat gw. Kursinya juga ngga senikmat kursi bioskop lorosiji itu. Malas kali lah.

Akhirnya demi memenuhi hasrat gw untuk tetap menonton film-film terbaru, yah jalan pintaslah yang dipilih. Ini juga bukannya tanpa kendala, secara nontonnya juga gratisan, jadi terpaksa harus sabar kalo bahasanya belum berbahasa inggris atau gambarnya yang burem atau suaranya yang balapan sama gerakan bibirnya.

Bagi bos-bos bioskop Jepang, gantilah sistem dubbing menjadi sistem subtitle. Selain mempersingkat waktu, penonton juga jadi belajar bahasa Inggris secara ngga sadar. Lagipula, sistem dubbing itu mengganggu menurut gw. Geregetnya, emosinya ngga semantap jika dibandingkan pengucapan dalam bahasa aslinya.

Sementara ini, gw cuma bisa berdoa moga-moga Hunger Games yang berbahasa Inggris dan layak tonton cepat tayang di situs andalan gw.

2 thoughts on “Nonton film di Jepang

Leave a Reply

