Masalah besar Jepang

  • Hutang publik Jepang di tahun 2011 sebesar 229.77%. Artinya setiap penduduk Jepang mempunyai hutang 2x lipat dari penghasilan tahunannya. Hutang publik Indonesia sebesar 25.03%, artinya hanya seperempat dari penghasilan tahunannya. Bisa dibandingkan, siapa yang lebih mampu membayar hutangnya.
  • Populasi penduduk Jepang diperkirakan berjumlah sekitar 92.03 juta jiwa di tahun 2050. Dan yang berusia produktif, hanya berjumlah 53.89 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, prosentase imigran sekitar 14.7% (asumsi : tidak ada peningkatan). Imigran terbesar Jepang berasal dari Cina dan Korea, di mana kedua negara tersebut tidak suka dengan Jepang terkait masalah Nanjing dan invasi Jepang di Semenanjung Korea di masa lalu. 
  • Sistem keamanan sosial (social security system) Jepang seperti pembayaran pensiun, kesehatan, perawatan di hari tua (nursing care) terus menerus menggerogoti keuangan Jepang. Suatu saat, ketika jumlah pembayar pajak jauh lebih kecil dari penggunanya, maka sistem ini akan kolaps.
  • Jepang tidak mempunyai sumber daya alam yang mampu menopang industrinya. Artinya Jepang sangat rentan terhadap pergolakan harga-harga bahan bakar, harga-harga bahan baku. Juga Jepang tidak memiliki tenaga kerja manusia yang murah.
  • Jepang berada di tiga lempengan, yaitu lempengan Asia, Pasifik dan Filipina. Artinya Jepang rawan gempa, tsunami dan bencana alam. Dengan adanya ancaman ini, Jepang terus menerus menderita kerugian baik materi maupun non materi dalam jumlah yang cukup besar. Dan kondisi tersebut juga mengancam keberadaan PLTN-PLTN di Jepang. Salah satu contohnya adalah tragedi Fukushima.

ps. wajar saja gw lebih optimis dengan masa depan Indonesia ketimbang dengan Jepang. Diharapkan 50 tahun mendatang, generasi koruptor sudah hilang dan generasi yang baru memiliki rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia. Dengan bangga dan percaya diri sebagai bangsa Indonesia, kita tidak mudah di tipu-daya dan dieksploitasi oleh negara lain. Motonya adalah : Dahulukan bangsa kita!!

One thought on “Masalah besar Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s