Menikmati sakura di Tokyo

Pada minggu kedua di bulan April, para Tokyoites memenuhi taman-taman di sekitar kota untuk menikmati keindahan bunga sakura. Kegiatan menikmati keindahan bunga sakura disebut hanami. Semarak sekali hanami di tahun ini. Hal tersebut bisa dipahami karena tahun kemarin, hanami tidak dilakukan karena adanya multi bencana 11 Maret yang memporak-porandakan wilayah Tohoku, Jepang.

Menurut sejarah, hanami mulai dilakukan sejak periode Nara (710-794). Namun hanami di sini adalah menikmati keindahan bunga ume/plum yang serupa dengan sakura. Baru pada periode Heian (794-1185) hanami dilakukan untuk menikmati keindahan sakura. Setiap tahun selalu diumumkan perkiraan mekarnya sakura di seluruh wilayah Jepang. Warga Jepang menyambut dengan suka cita karena hal ini menandakan awal musim semi yang hangat dan penuh aneka bunga berwarna-warni.

Di Tokyo, banyak sekali tempat untuk berhanami. Namun dikarenakan waktu mekar sakura yang sangat singkat yaitu sekitar dua minggu. Maka tidak heran tempat-tempat tersebut dipadati ratusan bahkan ribuan pengunjung. Beberapa tempat populer untuk berhanami di Tokyo antara lain :

1. Chidorigafuchi

Alamat : Chiyoda-ku.
Akses : 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Tokyo Metro Kudanshita atau Stasiun Tokyo Metro Hanzōmon.
Jumlah pohon sakura : sekitar 1,000 buah.
Chidorigafuchi adalah spot paling populer untuk menikmati keindahan bunga sakura. Parit di sepanjang Chidorigafuchi dipenuhi sakura yang menjuntai. Pengunjung bisa menikmati sakura lebih dekat dengan perahu yang bisa disewa selama 30-60 menit. Di malam hari, bunga-bunga sakura ini dihiasi lampu dan lentera sehingga menambah keindahannya.

2. Yasukuni Shrine

Alamat : 3-1-1, Kudan-kita, Chiyoda-ku.
Akses : 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Tokyo Metro Kudanshita atau Stasiun Tokyo Metro Hanzōmon.
Jumlah pohon sakura : sekitar 600 buah.
Yasukuni Shrine terletak tidak jauh dari Chridorigafuchi. Kuil ini dibangun untuk mengenang tentara Jepang yang meninggal dalam perang dunia kedua. Di sisi kanan dan kiri jalan menuju kuil ini, dipenuhi berbagai penjual makanan, minuman, mainan dan tempat untuk berhanami. Yang paling gw sukai adalah penjaja es krim berbagai rasa seperti macha (teh hijau), cokelat, vanila, dan lain-lain. Favorit gw tentu saja es krim rasa sakura.

3. Shinjuku Gyoen

Alamat : 11 Naito-cho, Shinjuku-ku.
Akses : 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Tokyo Metro Shinjuku-gyoemmae atau Stasiun Sendagaya.
Jumlah pohon sakura : sekitar 1,300 buah.
Taman seluas 58,3 hektar ini dulunya diperuntukan sebagai taman kerajaan. Kini, taman ini selalu dijejali pengunjung saat sakura bermekaran. Letaknya yang strategis, dekat dengan Stasiun Shinjuku membuat Shinjuku Gyoen sebagai oase bagi para pekerja dan komuter yang berada di jantung kota Tokyo. Berbagai macam jenis sakura bisa ditemukan di sini. Antara lain oshimazakura, edohigan, someiyoshino, shidarezakura, dan lain sebagainya. Untuk menikmati taman ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 200 yen atau sekitar 20,000 rupiah bagi dewasa, dan 50 yen atau sekitar 5,000 rupiah bagi pelajar SD & SMP. Anak-anak dibawah usia 6 tahun tidak dipungut biaya.

4. Ueno Park

Alamat : Ueno-Koen, Ikenohata 3-chome, Taito-ku
Akses : 1-2 menit berjalan kaki dari Stasiun Ueno atau Stasiun Keisei-Ueno. Atau 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Ueno-Okachimachi.
Jumlah pohon sakura : sekitar 1,100 buah.
Ueno Park juga termasuk salah satu spot hanami yang paling ramai dikunjungi. Letaknya berdekatan dengan Tokyo National Museum, National Museum of Western Art, National Museum of Nature and Science, Ueno Zoo dan tempat-tempat rekreasi lainnya. Cukup sulit mencari tempat strategis untuk berhanami saking ramainya pengunjung, terutama di akhir pekan. Pengunjung yang datang selain penduduk Jepang , juga banyak turis-turis manca negara seperti Cina, Korea, Amerika, dan lain-lain yang khusus datang untuk menikmati keindahan sakura.

5. Sumida Park

Alamat : 1, 2, 5 Mukojima, 7-11-1 dan 2-1 Hanakawa-do Asakusa, Sumida-ku.
Akses : 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Asakusa.
Jumlah pohon sakura : sekitar 374 buah.
Sumida Park terletak di sepanjang Sungai Sumida. Dari sini kita bisa melihat gedung Asahi Beer dan icon Tokyo terbaru yaitu Tokyo Sky Tree yang baru akan dibuka untuk umum pada 22 Mei 2012. Dengan ketinggian 634 meter, menjadikan Tokyo Sky Tree sebagai tower tertinggi di dunia. Menikmati keindahan sakura di tepi sungai, menjadikan Sumida Park sebagai tempat yang pantang dilewati selama musim sakura.
Berdekatan dengan Sumida River adalah Kaminarimon dan Sensoji Temple. Sensoji Temple merupakan kuil paling terkenal di Tokyo. Dari Kaminarimon menuju Sensoji Temple, terbentang Nakamise Dori yang dipenuhi kios-kios penjual cenderamata khas Jepang. Banyak ditemukan kue mochi sakura dalam kemasan pink yang cantik.

6. Inokashira Park

Alamat : Gotenyama 1-chome, Kichijoji-Minami-cho 1-chome, Musashino-shi; Inokashira 3-4-5-chome, Shimo-Renjaku 1-chome, Mure 4-chome, Mitaka-shi.
Akses : 1 menit berjalan kaki dari Stasiun Inokashira-kōen. Atau 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Kichijoji.
Jumlah pohon sakura : sekitar 620 buah.
Inokashira park dibangun pertama kali pada tahun 1913. Di tengahnya terdapat kolam besar yang semula berfungsi sebagai sumber penyuplai air bagi penduduk Tokyo. Seperti di Chidorigafuchi, pengunjung dapat menyewa perahu dan menikmati keindahan sakura. Selain itu, banyak juga orang yang berhanami di sekeliling kolam, sambil bersenda gurau dengan gembira. Di sebelah barat taman ini, terdapat Ghibli Museum yang memuat karya-karya studio Ghibli seperti Totoro, Spirited Away, Howl’s Moving Castle dan lain-lain.

7. Yoyogi Park

Alamat : Yoyogi-Kamizono-cho, Jinnan 2-chome, Shibuya-ku.
Akses : 3 menit berjalan kaki dari Stasiun Harajuku atau Stasiun Yoyogi-Kōen. Atau 6 menit berjalan kaki dari Stasiun Yoyogi-Hachiman.
Jumlah pohon sakura : sekitar 930 buah.
Yoyogi Park terletak hanya tiga menit berjalan kaki dari Harajuku dan Meiji Jingu Shrine yang terkenal. Sebelum menjadi taman kota, Yoyogi Park pernah dijadikan tempat digelarnya Tokyo Olympics pada tahun 1964. Ajang tahunan Festival Indonesia juga diadakan di taman ini. Setelah berhanami di Yoyogi Park, pengunjung bisa berjalan-jalan di sepanjang Takeshita Dori yang padat, penuh dengan pernak-pernik khas Harajuku. Yoyogi park juga terletak tidak jauh dari Shibuya yang terkenal dengan patung Hachiko dan persimpangan jalannya.

3 thoughts on “Menikmati sakura di Tokyo

  1. halo, apa kabar? msh inget ga sama aku, riana temennya desy..
    aku mau info tentang jepang dunks, boleh minta email-nya ato apa gitu buat kontak2an, tengkyuuu.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s