Sederhana itu bahagia

Bingung juga mau kasih judul tulisan ini. Tiga tahun yang lalu, gw dan suami masih sama-sama bekerja, punya asisten yang bertugas mengurus anak dan rumah. Pulang kerja, rumah sudah rapi, masakan sudah siap, anak sudah wangi dan kenyang. Beres. Tinggal bermain dan bercengkrama, lalu tidur. Pulang kantor atau bahkan pas jam makan siang, masih bisa melipir ke mall terdekat. Sekedar cuci mata, atau beli sesuatu. Bosan makan di rumah, tinggal bikin janji makan di luar. Nonton midnite pun sering dilakukan.

Banyak yang bertanya kenapa kita ambil keputusan untuk hengkang dari semua hal yang berbau kemapanan. Sudah tahu beasiswa yang diterima, nilainya lebih kecil dari gaji kita. Sadar bahwa setelah lulus, harus mulai dari nol lagi. Mulai cari pekerjaan baru yang semuanya penuh ketidakpastian. Sadar bahwa sekarang kita sudah punya anak yang butuh biaya. Sadar bahwa gw akan kembali menjadi ibu rumah tangga. Pindah ke tempat di mana kita sama sekali tidak bisa bahasanya. Satu kata yang menggambarkan keputusan kita dahulu : Gilak!

Sebenernya gw sendiri ngga tau kenapa kita senekat itu. Gw hanya ingin mendorong suami meraih mimpinya. Buat gw, sekolah itu penting untuk memupuk intelektualitas. Biar tambah pintar, yang pada akhirnya bisa memberi manfaat bagi sesama. Alasan lainnya mungkin juga jenuh, ingin ganti suasana.

Di tempat baru. Reality bites!  Tapi dari sana, gw banyak belajar. Dan yang paling gw syukuri adalah gw bahagia. Dulu waktu buat ngobrol dan bercengkrama rasanya pendek. Pagi-pagi sudah harus ngantor, pulang sudah hampir malam. Apalagi kalau harus lembur. Sekarang, main sama anak bisa seharian. Ngobrol sama suami kadang sampai hampir pagi. Esoknya masih bisa ngobrol santai karena jadwal riset suami yang fleksibel. Malah kadang riset bisa dikerjakan dari rumah. Kehidupan akademisi memang lebih tenang dan ngga neko-neko. Dan gw sangat menikmati masa-masa ini.

Mengutip kata-kata Ibu Ainun Habibie , ” Biar hidup susah penuh tantangan, kita memiliki masing-masing.”

Leave a Reply

