Hakone

Kemarin kita pelesir ke Hakone. Hakone terletak di Prefektur Kanagawa, sekitar satu jam dari Tokyo. Komentar suami waktu lihat daftar itinerary yang gw buat, “dasar orang Indonesia, ke kuil cuma dijatah 20 menit, ke mall dikasih waktu 2 jam” hihihi. Ini gara-gara membaca komentar tour guide yang biasa membawa orang Indonesia pelesir ke Jepang. Menurut si tour guide, orang Indonesia kalo diajak ke museum ngga bersemangat tapi begitu di ajak ke Ginza ato ke Akihabara langsung kalap. Gw sih seneng kalo ke museum, tapi ke kuil? ngapain juga lama-lama hehe.

Pagi-pagi kita berangkat dari rumah. Rencananya naik bis dari bus stop deket rumah menuju Hachioji. Tapi karena ngga ngecek jadwal bis buat weekend, ketinggalanlah judulnya dan bis berikutnya masih lama nunggunya. Terpaksa jalan kaki ke stasiun terdekat karena takut terlambat janjian sama temen.

Dari Hachioji naik Yokohama Line ke Machida. Di sana kita putuskan untuk membeli Hakone Free Pass. Hakone Free Pass adalah tiket yang memperbolehkan kita menggunakan berbagai macam transportasi di dalam Hakone secara gratis kecuali Romancecar. Setelah ngecek jadwal, kita pilih naik Odakyu Limited Express menuju Hakone Yumoto. Begitu keretanya sampai, gw tanya dulu ke pramugarinya boleh ngga kita naik dengan memakai Hakone Free Pass. Pramugarinya bilang ngga bisa. Kita pikir ngga bisa naik karena kita ngga beli tiket reserved seat, makanya begitu pintu mau ditutup, buru-buru kita naik kereta tersebut menuju gerbong 1,2 atau 3. Karena kalo naik shinkansen, gerbong 1,2 dan 3 adalah gerbong untuk non-reserved seat.

Sampe di gerbong 3, gw bertanya kembali ke pramugari lainnya untuk memastikan kita boleh duduk di dalam gerbong. Begitu lihat tiketnya, pramugarinya tetep bilang ngga boleh. Tapi untungnya kereta udah jalan jadi ngga mungkin dong kita ditendang keluar hehehe. Setelah dipanggilkan konduktor, akhirnya diputuskan kita turun di stasiun berikutnya yaitu Odawara. Dan didalam kereta, kita baru ngeh kalo ternyata limited express yang kita naiki itu ternyata kereta yang bernama Romancecar. Ndesitnya, maklum lah ya ngga pernah naik limited express. Secara kita tinggal di daerahnya Keio Line dimana kita bebas naik lokal, express, semi special express dan special express jadi mikirnya naik limited express ya mirip-miriplah kayak sistemnya Keio Line. Sotoy hihihi.

Didalem kereta cekikikan ngga jelas, bisa naik Romancecar gratis ngga pake duduk hahahaha. Disinilah gw merasa bahasa Jepang gw yang belepotan ini berguna, karena pramugari dan konduktornya bakal mikir kita pasti turis, ngomong Jepang aja ngga pokroh jadi dimaklumi hahahaha.

Odakyu Limited Express Romancecar

Sampai Odawara, kita sambung naik kereta Hakone Tozan Railway yang dicover oleh Hakone Free Pass menuju Hakone Yumoto. Akhirnya status kita bukan lagi penumpang gelap =D

Hakone Tozan Railway

Machida-Odawara ditempuh hanya 42 menit saja dengan Romancecar *kedip*. Sedang Odawara-Hakone Yumoto memakan waktu 15 menit dengan Hakone Tozan Railway.

Hakone Yumoto Station

Dari Stasiun Hakone Yumoto, kita naik bis H Line yang ada di bus stop no. 2 menuju Moto Hakone-ko.

Hakone Tozan Bus H Line Timetable

Perjalanan dari Hakone Yumoto-Moto Hakone-ko memakan waktu sekitar 35 menit. Jangan salah turun di Moto Hakone ya! Moto Hakone-ko masih satu stop lagi dari Moto Hakone. Dari Moto Hakone-ko kita berencana naik kapal menuju Togendai. Berhubung kita sampe di Moto Hakone-ko pukul 10.30 dan jadwal kapal 10.40, maka kita putuskan buat berangkat saat itu juga. Oleh karenanya Hakone Shrine pun dicoret secara resmi dari itinerary. Secara cuma dijatah 20 menit, jalannya nanjak plus perut mulai lapar *alesan*.

Dari Moto-Hakone-ko menuju Togendai memakan waktu sekitar 25 menit dengan menggunakan Hakone Sightseeing Cruise. Naik kapal ini gratis bagi pemegang Hakone Free Pass.

Hakone Sightseeing Cruise

Interior di dalem kapal

Sampai Togendai, kita pun makan siang dengan menu soba dan udon di Togendai View Restaurant. Harga normal 1,260 yen tapi dapet diskon bagi pemegang Hakone Free Pass, tidak termasuk kentang gorengnya lho ya. Kentang gorengnya sebenernya masih misteri karena gw ngga ngerasa pesen dan gw pikir emang udah satu paket.

Setelah kenyang, kita lanjut naik Hakone Ropeway menuju Owakudani. Owakudani adalah kawah yang disebabkan letusan Gunung Hakone. Di tempat ini dijual telur berkulit hitam karena direbus didalam rendaman sulfur yang konon bisa menambah usia orang yang memakannya selama 7 tahun.

Hakone Ropeway

Kuro Tamago (Telur Hitam)

Dari Owakudani, kita lanjut menuju Hakone Open Air Museum. Tetapi sebelumnya kita harus naik ropeway ke Sounzan Station, kemudian transfer ke Gora Station dengan Hakone Tozan Cable Car. Lalu dari Gora lanjut ke Chokokuno mori Station dengan Hakone Tozan Railway.

Hakone Tozan Cable Car Timetable

Hakone Open Air Museum (1)

Hakone Open Air Museum (2)

Hakone Open Air Museum (3)

Hakone Open Air Museum (4)…kelakuan anak muda sekarang ya ceu *geleng2*

Rencananya setelah Hakone Open Air Museum, kita menuju Gotemba Premium Outlets naik Kanko Shisetsu Meguri Bus S/M line dari Gora Station. Tapi karena kita sampai Gora sudah jam 17.04 dan takut kemaleman balik ke Tokyo, akhirnya diputuskan untuk pulang saja. Jadi kuil coret, mall juga coret. Kualat kali ya gara-gara ngga ke kuil hihi.

Gora Sta Bus Stop No. 3 (S Line) Timetable

Gora Sta Bus Stop No. 2 (S Line) Timetable

Bus Connection Timetable

Dari Gora Station ke Odawara Station, kita naik Hakone Tozan Railway. Sampe di Odawara, lagi-lagi kita lihat si Romancecar parkir manis di sisi platform. Demi ngejar waktu dan harga diri yang terluka *lebay* kita akhirnya beli tiket si Romancecar ini. Ternyata beda ya bok berdiri deket toilet sama duduk manis memandang jendela hahahaha. Sampe Machida langsung makan malem dan lanjut ke Hachioji. Menurut gw, Hakone cukup menyenangkan tapi memang lebih baik ke sini di musim gugur. Karena biarpun terletak dilereng gunung, musim panas di sini tetep bikin keringetan terus.