Umrah

IMG_2196Salah satu keuntungan tinggal di KAUST adalah kita bisa pergi umrah setiap minggu. Bahkan untuk minggu kedua dan keempat, bisa dua kali umrah dalam seminggu. Bulan lalu kita pergi umrah untuk pertama kalinya. Sebenarnya rencana awal hanya shalat di Masjidil Haram sambil melihat-lihat kondisi di sana. Tetapi akhirnya kita memutuskan untuk umrah sekalian karena ada teman yang berbaik hati untuk meng-guide kita selama umrah.

Gw cepat-cepat beli ihram karena bis ke Mekkah mau berangkat selepas shalat Jumat. Sayangnya ihram untuk anak-anak ngga dijual di supermarket dalam kompleks. Harus beli di Jeddah. Terpaksa olit ngga pakai pakaian ihram ketika umrah.

Ngga bisa diungkapkan dengan kata-kata pertama kali gw melihat Ka’bah. Begitu agung dan begitu dekat. Alhamdulillah ya Rabb bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat rumahMu, shalat di masjid teragung, berada di kota suci. Alhamdulillah..alhamdulillah..alhamdulillah.

Ternyata ibadah umrah tidak terlalu memakan waktu terlalu lama. Thawaf diselesaikan dalam waktu sejam, begitu pula sa’i. Jadwal kita kemarin adalah sampai di Masjidil Haram sekitar jam setengah empat, lalu makan sore. Lanjut shalat ashar, baru mulai thawaf yang berakhir pas ketika adzan maghrib. Sehabis shalat maghrib, lanjut sa’i, dan berakhir saat adzan isya. Selepas isya, kita makan malam sambil menunggu bis pulang kembali ke KAUST.

Dari perjalanan kemarin, gw ingin memberi sedikit saran jika berumrah  :

  • Sebaiknya memakai masker ketika berumrah. Karena kita akan berada di antara ratusan, atau mungkin ribuan manusia dari berbagai negara. Banyak dari mereka yang bersin, batuk dengan seenaknya. Salah satu teman pernah bilang kalau di kampus mulai banyak orang yang batuk-batuk, itu artinya ada dari mereka yang baru saja pergi ke Mekkah.
  • Bagi yang membawa anak kecil atau orang berusia lanjut, sebaiknya umrah dilakukan petang hari. Karena tidak semua orang kuat berdesak-desakan ketika thawaf di bawah terik matahari.
  • Thawaf tidak harus dilakukan dari lantai dasar. Jika terlalu sesak, bisa dilakukan dari lantai dua. Sebaiknya mereka yang membawa anak kecil dan orang lanjut usia, berthawaf di lantai atas.
  • Sebelum umrah dimulai, sebaiknya selesaikan semua hajat besar dan kecil di toilet mall dekat Masjidil Haram. Juga sekalian berwudhu. Karena gw ngga merekomendasikan toilet umum di sekitar masjid. Selain antrinya panjang, kurang higenis juga.
  • Sebaiknya umrah dan haji dilakukan ketika kita masih muda. Jangan menunggu sampai tua baru berhaji. Kecuali kalau keadaan belum memungkinkan. Sebab kita harus berdesak-desakan, berpanas-panasan (jika dilakukan siang hari), berkumpul dengan beribu-ribu orang yang tidak semua dari mereka dalam kondisi sehat, berjalan jauh, dll. Ketimbang nanti ketika beribadah malah jatuh sakit, sebaiknya berhaji atau berumrahlah ketika kondisi kita masih kuat.

ps. yang ini saran bagi mereka yang sudah berangkat haji dari Indonesia, sebaiknya tahan keinginan untuk berhaji lagi. karena banyak dari saudara kita yang ingin berhaji untuk pertama kalinya, harus menunggu lama untuk mendapatkan kesempatan itu. berempatilah, beri kesempatan bagi mereka. jika ingin kembali ke tanah suci, lebih baik berumrah saja.

3 thoughts on “Umrah

  1. pujeeeee! pa kabar luuu? sekarang ente tinggal di arab tah? dalam rangka apah, kuliah lg kah? lama tak dengar kabar2 hehe..
    gimana kabar olit? hwaaa jadi pengen umroh gw, tp bisa kaga yak sekalian mampir2 ke tempat lo..hehe..

  2. hola..kabar baik..loe gimana? iya gw di arab sekarang, arief kerja di sini..olit baik, udah gede =D
    ayoo cepet-cepet umrah..ato haji sekalian..sayangnya ngga bisa mampir ke tempat gw, ketat bgt peraturannya ;(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s